«

»

Dec
18

Cara upgrade/downgrade account cPanel hosting

Bagaimana cara upgrade/downgrade sebuah akun hosting cPanel di WHM?

Dalam suatu layanan yang menggunakan produk sistem paket-paket, tentu di sana biasanya akan diberikan beragam penawaran paket-paketnya dengan masing-masing fitur fasilitas yang dihadirkan. Kali ini tentunya sekarang kita akan membahas secara khusus tentang paket-paket hosting shared dalam suatu cPanel hosting. Dari beragam paket-paket shared hosting yang ditawarkan/diberikan oleh penyedia layanan hosting (web hoster) itu dari masing-masing paket hostingnya akan ditemui berbagai perbedaan fitur/fasilitas antara paket hosting yang satu dengan paket hosting yang lainnya. Banyaknya paket-paket hosting yang ditawarkan tersebut itu tiada lain adalah untuk menyesuaikan antara harga dan fitur layanan, antara budget konsumen dan biaya source server yang harus disediakan oleh penyedia hosting. Makanya akan sangat wajar dan masuk akal jika banyak ditemukan perbedaan dari fitur paket-paket hosting dengan harga yang ditawarkan pun berbeda-beda, mulai dari yang murah, sedang, hingga yang memerlukan harga cukup tinggi.

Untuk konsumen atau para pengguna jasa hosting berbayar ini memiliki karakter, kebutuhan, dan budgetnya masing-masing. Misalnya dimulai dari yang paling sederhana, yaitu perorangan yang ingin membuat website pribadi (blog self hosted) atau pun para pebisnis yang baru mulai mencoba di dunia online, yang sebelumnya sudah banyak berkiprah di dunia offline, dan lain sebagainya. Pada awalnya dari mereka banyak yang masih mencoba-coba dalam menggunakan hosting dalam kebutuhan pembuatan websitenya. Pada awal mencoba-coba pembuatan website online-nya tersebut tentunya mereka juga memiliki budget yang berbeda-beda.

Seseorang yang ingin sekali membuat website namun pada awalnya hanya memiliki dana budget yang terbatas, maka ini akan menjatuhkan pilihannya pada paket hosting mulai dari fitur yang paling kecil atau mencukupi untuk tahap awal. Katakanlah itu dia mengambil paket hosting A-wal :) dengan spesifikasi Bandwidth sekian Gb, Kapasitas SpaceDisk sekian Mb, dan fitur-fitur lainnya yang sudah ditentukan dari paket A-wal tsb. Selama user tersebut menggunakan paket hostingnya ternyata mengalami banyak perkembangan dan peningkatan kebutuhan akan source paket hostingnya, sehingga paket A-wal tersebut tadi sudah tidak memadai dan tidak mencukupi lagi kebutuhan pada websitenya, mungkin itu dari segi traffic visitor yang semakin banyak yang mana hal ini tentunya akan membutuhkan bandwidth yang lebih besar pula. Atau mungkin juga dari perkembangan konten data websitenya, sehingga tempat penyimpanan (spacedisk) daya tampungnya sudah penuh dan mulai kekurangan.

Mulai dari sinilah user tersebut jika websitenya mau terus berlanjut dan terus berkembang membutuhkan source hosting yang lebih besar lagi. Misalnya dalam hal ini masih bisa dilakukan dengan melakukan UPGRADE paket hosting A-wal nya tersebut ke paket hosting B-aru :) di mana spesifikasi fitur hosting yang diberikan itu tentunya lebih besar dari sebelumnya. Para pengguna shared hosting cPanel ini bisa dengan mudah dilakukan Upgrade account hosting cPanel nya. Untk melakukan upgrade hosting itu, maka user  ini bisa menghubungi penyedia hosting di mana dia menggunakan layanannya tersebut.

Sebagai Reseller Hosting cPanel/WHM (penyedia layanan shared hosting) tentunya kita bisa penuhi permintaan/request upgrade dari customernya untuk meng-upgrade paket hostingnya.

Caranya? Setelah Login ke dalam WHM, langsung saja cari kelompok menu “Account Functions” kemudian klik “Upgrade/Downgrade an Account”. Selanjutnya pada tampilan jendela sebelah kanan akan muncul list nama domain & user, klik sorot nama domain (user) yang akan di-upgrade tersebut. Setelah yakin anda benar memilih nama domain (user) kemudian klik tombo “Modify”. Akan muncul pada halaman baru, Please select a new package: pada list nama paket-paket hosting, pilih nama paket hosting B-aru yang sesuai tujuan upgrade-nya. Klik tombol “Upgrade/Downgrade”. Tunggulah proses loading beberapa saat untuk WHM memproses eksekusi upgrade/downgrade paket hostingnya tersebut hingga selesai Completed.

Untuk melakukan Downgrade paket hosting cPanel ini pun menggunakan cara yang sama seperti di atas. Bedanya hanya pada pemilihan paket hosting terbarunya saja, spek yang lebih rendah dari sebelumnya sesuai dengan tujuan yang akan di-DownGrade-kan paket hostingnya saja.

Demikian sudah penjelasan tentang cara upgrade/downgrade paket hosting cPanel ini… :)

1 comment

  1. julian hartadi says:

    wah, artikel-artikel di web ini sangat berguna sekali bagi saya yang ingin memulai belajar menjadi reseller hosting.. terima kasih banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>